Home / Lain-lain / Pamali Keluar Rumah Saat Magrib, Berikut Penjelasannya.

Pamali Keluar Rumah Saat Magrib, Berikut Penjelasannya.

/
/
/
122 Views

Pamali Keluar Rumah Saat Magrib.

Pamali Keluar Rumah Saat Magrib

“Pamali keluar rumah saat magrib”.. mungkin kalimat ini sering Anda dengar bukan??? Terutama waktu kecil. Waktu menjelang atau saat magrib, semua orang tua pasti akan melarang anaknya untuk main apalagi sampai keluar rumah. Ada orang yang bilang, waktu magrib adalah waktunya setan untuk berkeliaran. Bahkan Ada juga mitos yang mengatakan, bahwa jika bermain saat atau menjelang waktu magrib, nanti bisa diculik kolong wewe[dulu mah emak sering bilang beginian nih, hehheeee]. Apa benar demikian?

Mungkin Anda Tertarik : Manfaat Ajaib Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh Anda.

Begitu banyak mitos yang telah berkembang dimasyarakat. Bukannya mencari kebenaran secara ilmiah maupun agama, tetapi pada umumnya orang tua mungkin ingin lebih untuk menakut-nakuti anaknya. Apalagi dijaman sekarang yang penuh dengan tehnologi, dari pada terus berputar dengan mitos-mitos tersebut, kenapa tidak mulai menjelaskan kepada anak, tentang larangan keluar rumah disaat magrib, dengan sudut pandang yang lebih logis?

 

Secara Islam: Waktu Magrib menjadi waktu Setan dan Jin Mencari Tempat Untuk Berlindung.

Dilarang keluar rumah saat magrib, didalam ajaran agama islam ada sendiri yang mengulasnya! Alasannya adalah, saat magrib, setan dan juga jin beramai-ramai berjalan dengan cepat untuk mencari tempat untuk berlindung. Setan dan Jin, lebih suka memilih berlindung ditempat kosong, sepi, dan kotor. Sehingga, khususnya anak-anak memang dilarang untuk bermain keluar rumah, untuk menghindari gangguan bahkan sampai kerasukan setan.

 

Ada hadits Nabi yang berbunyi:
“Apabila malam mulai gelap atau bila malam telah tiba, tahanlah anak-anak kalian, karena sesungguhnya setan saat itu sedang bertebaran. Apabila telah berlalu sesaat dari waktu maghrib, maka lepaskanlah mereka. Tutuplah pintu rumah dan sebutlah nama Allah dan padamkanlah lampu-lampu kamu dan sebutlah nama Allah dan tutup tempat minum serta tutup pula bejana (tempat makanan) kamu, walaupun kamu hanya sekedar melintangkan sesuatu di atasnya, dan sebutlah nama Allah”.” (HR. Bukhari, Abu Dawud, dan Ahmad)

 

Kemudian, ada juga hadist lainnya yang berbunyi:
“Janganlah kalian melepas hewan-hewan ternak dan anak-anak kalian apabila matahari telah tenggelam hingga berlalu fahmah isya karena para setan keluar/berjalan cepat apabila matahari tenggelam sampai berlalu fahmah isya.” (HR. Muslim)

 

Nah Bagaimana Dengan Penjelasannya Secara Ilmiah.

Dilarang keluar rumah saat magrib, secara ilmiah pun ada juga penjelasannya. Di saat waktu magrib warna alam semua berubah menjadi merah, dimana spektrum cahaya ini memiliki resonansi yang sama dengan setan dan juga jin. Karena itulah, saat itu juga setan dan juga jin memiliki tenaga yang lebih kuat. Sehingga, Anda lebih disarankan untuk menghindarinya dengan tetap berada didalam rumah.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *