Home / Tehnologi / Cara Mudah Mempercepat Kinerja Windows

Cara Mudah Mempercepat Kinerja Windows

/
/
/
238 Views

Cara Mudah Mempercepat Kinerja Windows

Cara Mudah Mempercepat Kinerja Windows — Windows adalah salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia, khususnya di Indonesia. Karena Microsoft tidak lagi mendukung dan mengembangkan Windows XP, otomatis user pun beralih ke Windows 7 dan Windows 10. Berdasarkan data dari StatCounter, pengguna Windows (7) Seven adalah yang terbanyak, dan kemudian diikuti oleh pengguna Windows 10. Walau demikian, dari tahun ke tahun, pengguna Windows 10 terus bertambah. Angkanya menunjukkan peningkatan yang signifikan dari bulan ke bulan antara 1,9%-2,2%.Cara Mudah Mempercepat Kinerja Windows

Sejumlah alasan yang melatarbelakangi mengapa Windows banyak dipilih sebagai sistem operasi utama di netbook, laptop, atau komputer (PC) adalah karena:

  • Mudah digunakan.
  • Didukung software dan game yang lengkap.
  • Mudah di kustomisasi.
  • Support dengan berbagai jenis PC atau laptop.

Penyebab kinerja Windows lambat

Seiring dengan berjalannya waktu, Windows bisa mengalami penurunan performa, ditandai dengan kinerja yang mulai melambat, lebih-lebih ketika kita melakukan multitasking dan bermain game atau ketika membuka aplikasi-aplikasi berat.
Penurunan performa Windows umumnya disebabkan karena:

  • Adanya sejumlah system yang berjalan di background.
  • Hardisk yang penuh.
  • Item pada start up
  • RAM atau memori yang terlalu kecil
  • Karena adanya malware, virus, atau spyware
  • Penyebab Windows lambat lainnya adalah karena banyaknya service yang berjalan pada sistem.
  • Terlalu banyak menginstall software.
  • Tidak pernah melakukan defrag, dan lain-lain.

Cara mempercepat kinerja Windows

Apabila Anda merasakan kinerja laptop atau PC yang Anda gunakan semakin lambat, ada beberapa cara efektif untuk mengatasinya agar terasa lebih ringan seperti baru lagi.

Coba gunakan “Performance Troubleshooter”

Hal pertama yang harus Anda coba mempercepat kinerja Windows XP/7/10 adalah dengan memanfaatkan fitur Performance Troubleshooter. Fitur ini bisa secara otomatis menemukan dan memperbaiki apabila terdapat masalah pada kinerja sistem operasi tersebut.

Fitur ini bermanfaat untuk mengetahui “apa yang menyebabkan komputer lambat?” Seperti misalnya, karena banyak pengguna yang sedang login ke komputer Anda, atau bisa juga disebabkan karena ada beberapa program yang jalan secara bersamaan, semua itu bisa terdeteksi oleh Performance Troubleshooter.

Cara menggunakan Performance Troubleshooter

 

  • Klik tombol Start (Windows)
  • Kemudian klik pada Control Panel
  • Pada fasilitas Search ketikan “Troubleshooter”
  • Pada bagian System and Security klik Check for performance issues.

Hapus program-program yang tidak pernah digunakan

Cara Mudah Mempercepat Kinerja Windows selanjutnya adalah. Kadang-kadang kita tertarik untuk menginstall software tertentu karena merasa akan membutuhkannya suatu saat nanti. Setelah hari-hari berlalu, bulan, bahkan tahun, ternyata software tersebut tidak juga kita gunakan. Software-software seperti ini kadang-kadang jumlahnya sangat banyak.

Masalahnya, apabila Windows diinstall terlalu banyak software, hal tersebut akan menyebabkan Windows jadi lambat karena memakan memori dan ruang pada hard disk serta menyebabkan penurunan kinerja prosesor.

Apabila tidak pernah digunakan, ada baiknya Anda menyimpan master software yang bersangkutan untuk diinstall pada saat dibutuhkan saja. Dan untuk mempercepat kinerja, sebaiknya hapuslah software-software yang sudah Anda install namun tidak pernah Anda gunakan.

Beberapa software yang perlu diwaspadai karena seringkali berjalan secara otomatis pada startup atau berjalan tanpa kita ketahui pada background diantaranya adalah:

  • Berbagai program utility seperti virus scanner
  • Pembersih disk (disk cleaner)
  • Backup tool.

Setelah Anda menghapus beberapa software yang tidak dibutuhkan, akhiri dengan defrag agar susunan sistem kembali rapi; sehingga Windows bisa dengan cepat mencari dan menemukan serta menjalankan setiap file, software, atau aplikasi yang kita inginkan.

Nonaktifkan servis yang tidak dibutuhkan

Tidak semua sistem yang berjalan pada Windows 7 atau Windows 10 diperlukan. Kadang-kadang, sejumlah servis sebenarnya boleh dinonaktifkan atau dimodifikasi agar berjalan hanya ketika diperlukan saja.

Umumnya, setiap versi Windows menyertakan berbagai system service yang harus dijalankan agar Windows bisa melakukan operasi dasar. Namun kadangkala, ada beberapa service yang tidak kita butuhkan sehingga bisa dinonaktifkan untuk meningkatkan kinerja.

Setidaknya ada 10 service yang bisa dinonaktifkan pada Windows 7 atau Windows 10 yang berpotensi menyebabkan Windows menjadi lambat. Diantaranya adalah:

  1. IP Helper
  2. Offline files
  3. Network access protection agent
  4. Parental control
  5. Smart card
  6. Smart card removal policy
  7. Windows Media center receiver service
  8. Windows Media Player Network sharing service
  9. HomeGroup Listener
  10. Tablet PC input service

Kurangi atau hapus item pada start up

Jika Anda ingin Windows booting lebih cepat karena merasa selama ini laptop atau pc yang Anda gunakan sangat lelet (lambat) saat dihidupkan, Anda perlu mencurigai Start Up. Biasanya setelah menginstall beberapa jenis software, ada beberapa item yang berjalan secara otomatis ketika Windows pertama kali dihidupkan.

Bagi Anda yang ingin mempercepat kinerja laptop atau jika Anda menggunakan notebook yang hardware-nya punya kemampuan pas-pasan, bagian Start up perlu dicek. Selain pada start up, software yang baru diinstall biasanya juga bisa muncul pada system tray. Padahal, seringkali kita tidak membutuhkan kehadiran software tersebut di system tray.

Cara menghapus beberapa perangkat lunak di Start up, yang menyebabkan sistem menjadi lambat adalah:

  • Klik tombol Start
  • Pada kotak pencarian, ketikkan “msconfig”
  • Pada jendela system configuration, klik pada tab “Startup”
  • Hilangkan centang pada software-software yang kira-kira tidak diperlukan untuk berjalan pada saat Windows dihidupkan.

Pastikan Windows Anda bebas virus dan spyware

Tidak dipungkiri apabila Windows merupakan salah satu sistem operasi paling rentan terkena virus dan spyware. Setidaknya ada 2 alasan mengapa pengguna sistem operasi Windows perlu waspada, diantaranya adalah:

  1. Karena pengguna Windows diseluruh dunia merupakan yang paling banyak diantara sistem operasi lainnya.
  2. Windows merupakan sistem operasi yang paling rentan disusupi karena keamanannya yang lemah.

Oleh sebab itu, bagi siapapun yang menginstall Windows di laptop, Pc, atau netobook, perlu menginstall program anti malware yang bisa melindungi komputer dari virus atau spyware.

Windows sudah memiliki sistem keamanan bawaan yang bernama Microsoft Security Essential. Dari pengalaman menggunakan Microsoft Security Essential, software ini cukup tangguh dan up to date dalam mendeteksi berbagai ancaman virus maupun malware.

Bersihkan hard disk komputer Anda

Sebagian kita sangat suka menimbun dan menyimpan file-file yang tidak dibutuhkan berupa gambar maupun video yang tidak pernah ditonton. Bahkan, tidak sedikit di antara kita yang mengoleksi musik MP3 bajakan dengan jumlah ratusan hingga ribuan file. Padahal, dalam satu hari kita hanya mendengarkan hanya beberapa persen dari jumlah koleksi tersebut. Beberapa diantaranya bahkan mungkin tidak pernah didengarkan sama sekali.

Jika Anda merasakan kinerja komputer berbasis Windows yang Anda gunakan mulai melambat, terutama saat membuka Windows Explorer, Anda perlu mewaspadai file-file yang dapat menyebabkan kinerja hard disk melambat.

Semakin lega ruang hard disk yang tersedia, maka kinerja komputer akan semakin baik. Untuk menanganinya, Anda bisa memanfaatkan fitur Disk Cleanup untuk menghapus file secara sementara, bisa dimanfaatkan untuk mengosongkan Recycle Bin, serta bermanfaat juga untuk menghapus berbagai file dari sistem dan berbagai item yang tidak diperlukan lainnya.

Tambah memory laptop atau komputer Anda

Ketika kita berbicara soal performa dan kecepatan sebuah komputer, kita pasti akan berbicara soal hardware, khususnya RAM (memory). Jika Anda ingin Windows bisa berjalan lebih cepat, maka Anda membutuhkan RAM dengan kapasitas yang lebih besar.

Umumnya semua komputer (PC) bisa di tambahkan RAM atau upgrade dengan cukup mudah karena menyediakan lebih dari satu slot. Begitu juga dengan laptop, beberapa jenis laptop RAM-nya bisa di upgrade.

Standarnya, Windows 7 bisa dijalankan pada PC atau laptop yang menggunakan RAM berkapasitas 1GB. Akan tetapi sistem operasi tersebut akan berjalan lebih baik apabila tersedia RAM 2GB. Namun jika ingin kinerja optimal, sebaiknya Anda meningkatkan jumlah RAM lebih dari 2 GB, misalnya 3GB/4GB/8GB dst.

Ubah ukuran virtual memory

Dan yang terakhir bisa Anda coba tentang Cara Mudah Mempercepat Kinerja Windows sebagai berikut.

Beberapa komputer yang berjalan sangat lambat kadang-kadang mengeluarkan peringatan yang memberitahukan user bahwa virtual memory pada komputer tersebut terlalu sedikit. Intinya, Anda diminta untuk menambah ukuran minimal dari paging file.

Biasanya Windows secara otomatis akan men-setting ukuran paging file sama dengan jumlah memori (RAM) yang diinstall pada komputer. Sedangkan untuk ukuran maksimalnya bisa 3 kali lebih besar dari RAM yang terpasang. Jadi jika suatu saat Anda menemukan PC yang Anda gunakan muncul peringatan yang memberitahukan bahwa virtual memory Pc Anda terlalu rendah, lakukan langkah berikut ini:

  • Klik tombol Start
  • Klik kanan pada Computer
  • Pilih Properties
  • Pada jendela yang muncul, di panel sebelah kiri, klik Advenced System Setting (jika Anda diminta untuk memasukkan password, masukkan password administrator)
  • Pada Advanced Tab, pada Performance klik Setting
  • Klik Advanced Tab, Kemudian pada Virtual Memory klik Change
  • Hapus centang pada “Automatically manage paging file size for all drives”
  • Pada Drive [volume label], klik paging file yang ingin diubah.
  • klik Custom size, kemudian input (ketikkan) ukuran minimum dan maksimum dalam megabyte (MB).
  • Akhiri dengan mengklik tombol OK.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *