Cara Tepat Mengatasi HP Terkena Air

Cara Tepat Mengatasi HP Terkena Air

Cara Tepat Mengatasi HP Terkena Air — Sial! “Ini mungkin kata pertama yang keluar dari mulut Anda ketika Anda menjatuhkan smartphone Anda ke dalam air. Anda mulai panik dan mencoba memikirkan berbagai cara di mana Anda dapat menyelamatkan smartphone tersebut. Karena air bisa berakibat fatal untuk semua barang elektronik, jadi Anda harus bergerak cepat. Namun jangan khawatir, jika Anda melakukan hal yang tepat, mungkin Anda masih bisa menyelamatkan smartphone Anda.

Biarkan saya menjelaskan bahwa ini bukan saat yang tepat untuk panik. Dengan bantuan kepala yang tenang dan tips di bawah ini, Anda dapat mencoba untuk menghidupkan kembali ponsel Anda yang rusak karena air. Jadi, simak bagaimana caranya berikut ini.

Cara Tepat Mengatasi HP Terkena Air

Keluarkan telepon dari air

Yah, seperti yang saya katakan sebelumnya, Anda harus bertindak secepat yang Anda bisa ketika Anda tidak sengaja menjatuhkan smartphone Anda ke dalam air. Pertama dan terpenting, keluarkan perangkat dari air karena semakin lama berada di bawah air, semakin kecil kemungkinannya untuk bisa diperbaiki. Setelah mengambil, pastikan perangkat Anda mati dan tetap seperti itu. Dan, jika perangkat Anda masih aktif, matikan saja.

Hal-hal yang seharusnya tidak Anda lakukan

Setelah mengeluarkan smartphone, Anda akan mencoba melakukan apa pun yang muncul di kepala Anda untuk menghidupkan kembali. Tapi, Anda harus berhati-hati dengan beberapa hal berikut ini…

– Jangan mencolokkan ponsel cerdas Anda ke pengisi daya karena komponen listrik dan air bisa malah memperparahnya.

– Jangan menekan tombol apa pun karena dapat mengirim lebih banyak air ke perangkat tersebut.

– Jangan goyangkan smartphone Anda.

– Jangan mengeringkan atau menyimpannya di dalam oven karena panas yang berlebihan dapat merusak komponen elektronik di dalamnya.

Bersihkan ponsel Anda

Jika Anda dapat membongkar ponsel Anda, maka lakukanlah. Buka semua bagian yang bisa Anda lepas, namun tidak merekomendasikan untuk membuka bagian skrup karena akan menghilangkan garansi Smartphone Anda. Setelah itu, bersihkan air di bagian luar ponsel yang terlihat. Anda dapat menggunakan kain atau tisu untuk mengeringkan perangkat. Lakukan dengan seksama sampai Anda benar-benar yakin tidak ada lagi bekas air yang tertinggal.

Gunakan penyedot debu

image via www.labocabelfast.com

Mengeringkan air di smartphone dengan kain atau tisu tentu tidak akan mengeringkannya sepenuhnya. Jadi, Anda dapat menggunakan penyedot debu untuk menyedot air dari area yang tidak terjangkau oleh cara sebelumnya.

Letakkan telepon di dalam tempat menyimpan beras atau nasi

Salah satu solusi termurah dan termudah untuk mengeringkan ponsel adalah menyimpannya dalam tempat penyimpanan nasi selama 24 hingga 36 jam atau lebih. Karena suhu dalam penyimpanan nasi bisa di gunakan untuk menyerap air dalam smartphone Anda. Anda bisa berjaga-jaga dengan membungkus smartphone Anda terlebih dahulu sebelum melakukannya. Karena kadang-kadang setelah beras menyerap air, sisa beras kecil bisa terjebak di port I / O yang dapat mempengaruhi perangkat Anda.

Gunakan produk untuk mengeringkan telepon Anda

Selain menyimpannya di beras, Anda juga dapat menggunakan berbagai produk seperti Dry-All, Bheestie Bag, dan DryBox untuk memperbaiki perangkat Anda.

Nah itulah tadi beberapa tips Cara Tepat Mengatasi HP Terkena Air. Cara di atas bisa membantu Anda memberikan solusi pertama saat Anda mengalami kejadian di atas.

Namun tetap saja.. Solusi terbaik adalah dengan membawa smartphone Anda ke servis smartphone yang Anda percaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: