Gerhana Matahari!! Info Seputar GMT 2016

Gerhana Matahari!! Info Seputar GMT 2016

Gerhana Matahari!! Info Seputar GMT 2016 – Gerhana Matahari terjadi karena posisi antara matahari, bulan dan bumi yang sejajar. Dengan demikian cahaya matahari yang sampai ke permukaan bumi tertutup oleh bulan.

Gerhana Matahari!! Info Seputar GMT 2016.
Sumber image: id.wikipedia.org

Ada 4 jenis tipe gerhana matahari.

1. Gerhana Matahari Total (GMT).
Dimana seluruh permukaan matahari nampak tertutup semua oleh bulan. Dan terjadi diarea yang tertutup oleh Umbra.
2. Gerhana Matahari Sebagian.
Pada Gerhana ini matahari terlihat tertutup sebagian. Dan terjadi diarea yang tertutup oleh penumbra.
3. Gerhana Matahari Cincin.
Gerhana matahari cincin terlihat matahari tertutup oleh bulan dan terdapat lingkaran disekelilingnya. Hal ini terjadi bilamana posisi bulan berada dititik terjauhnya terhadap bumi.
4. Gerhana Matahari Hybrit.
Terjadi bilamana setelah terjadi gerhana total menjadi gerhana cincin.

Dan di Indonesia sendiri akan terjadi pada 9 maret ditahun 2016 ini dan bertepatan pada hari raya nyepi. Sebelumnya di Indonesia juga pernah terjadi GMT pada tahun 1995. Dan diprediksi akan terjadi lagi pada tanggal 20 April 2042 dan 12 September 2053.

Nantinya GMT di Indonesia diprediksi terjadi di beberapa provinsi. Diantaranya Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung, pulau Kalimantan (selain Kalimantan Utara), Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara. Dan Provinsi lainnya mengalami Gerhana Matahari Sebagian. Tenggat waktunya juga berfariasi antara 1-5 menit.

Bolehkah melihat saat terjadinya GMT??
Melihat GMT secara langsung sangat tidak dianjurkan kecuali memakai alat bantu kacamata khusus. Detik-detik yang berbahaya dan patut dihindari yaitu pada saat matahari menutup atau terbuka sebagian. Karena pada saat itulah intensitas cahaya yang masuk ke mata sangat besar atau menyilaukan. Dan jika melihat secara langsung dalam waktu yang lama dapat membahayakan retina mata. Dampak yang terjadi biasanya menyebabkan mata menjadi rabun dalam waktu yang lama dan bisa juga menyebabkan kebutaan.

Cara terbaik melihat GMT bagaimana??
Selalu gunakan kacamata khusus atau teleskop yang dilengkapi dengan filter. Dan pada saat matahari tertutup sempurna saat itulah Anda bisa bebas melihat Gerhana tanpa bantuan alat tersebut, namun segera pakai kembali pada saat gerhana matahari mulai terbuka.

Gerhana Matahari Total di Indonesia kali ini menjadi dampak positif dibidang pariwisata karena memang sebagian besar jalur terjadinya Gerhana melewati tempat-tempat wisata di Indonesia.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *