Android

MediaTek Berencana Menanamkan Chip AI-nya untuk Smartphone Kelas Atas

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

MediaTek Berencana Menanamkan Chip AI-nya untuk Smartphone Kelas Atas

Dikutip dari Digitimes, MediaTek ingin mendapatkan chip-nya di dalam smartphone kelas atas. Sebuah laporan yang diterbitkan kemarin mengatakan bahwa perancang chip yang berbasis di Taiwan telah berbicara dengan produsen smartphone seperti Apple, Samsung dan Xiaomi dalam upaya untuk menemukan “peluang kerjasama bisnis.” MediaTek dikenal karena menawarkan komponen kelas atas untuk produk kelas bawah, yang membuatnya keluar dari pasar utama.

MediaTek Berencana Menanamkan Chip AI-nya untuk Smartphone Kelas Atas

Digitimes mengatakan bahwa menawarkan chip berkinerja tinggi seperti itu untuk handset kelas bawah biasanya bekerja ketika “latecomer” memasuki pasar mencari pangsa pasar langsung. Tetapi ketika perusahaan seperti MediaTek mulai menambahkan fitur-fitur canggih seperti kemampuan AI. Itu mungkin mencegah perusahaan semacam itu untuk mendapatkan akses ke telepon kelas atas. Ini bisa menjadi alasan mengapa MediaTek tidak dapat memperoleh daya tarik dengan Helio X30. Membuat MediaTek berhenti memproduksi dan mengembangkan chip Helio X-nya untuk perangkat kelas atas.

Baca Juga:

Info Lainnya Terkait MediaTek Berencana Menanamkan Chip AI-nya untuk Smartphone Kelas Atas

MediaTek berencana menggunakan teknologi AI-nya untuk menjual chip di berbagai pasar termasuk komputer, komunikasi, elektronik konsumen, dan industri otomotif. Sejauh menyangkut industri smartphone, MediaTek harus berhadapan dengan fakta bahwa beberapa produsen ponsel merancang teknologi AI mereka sendiri yang dibangun langsung ke dalam SoC mereka. Dan tentu saja, Qualcomm terus memiliki cengkeraman pada chipset untuk handset terikat AS (meskipun hal-hal dapat berubah bulan depan setelah uji coba FTC v. Qualcomm).

Berbicara tentang AI, MediaTek baru-baru ini meluncurkan Helio P90, yang dibuat untuk ponsel kelas menengah. Diproduksi menggunakan proses 12nm, SoC mencakup multi-core AI processing unit (APU) yang menawarkan 4 kali kinerja AI yang ditemukan pada chip P60 dan P70. APU memungkinkan produsen ponsel memberi pelanggan kemampuan untuk mengambil foto berkualitas tinggi menggunakan ponsel yang lebih terjangkau.

Comments are closed.