Mencegah Juga Mengetahui Gejala Dini Kanker Payudara.

Mencegah Juga Mengetahui Gejala Dini Kanker Payudara
Sumber image: satuterpenting.com

Mencegah Juga Mengetahui Gejala Dini Kanker Payudara–Kanker Payudara adalah kanker pada jaringan payudara. Ini adalah jenis kanker yang paling umum diderita oleh kaum wanita. Untuk kaum pria pun juga bisa menderita kanker ini meski perbandingannya sangat sedikit.

Faktor apakah yang bisa menyebabkan Kanker payudara???

Menurut para dokter, penyebab yang pasti belum dapat diketahui. Namun banyak faktor yang memungkinkan bisa menyebabkan terjadinya kanker payudara.
Yaitu diantaranya:

  • Faktor reproduksi. Diperkirakan, periode antara terjadinya haid pertama dengan umur saat kehamilan pertama merupakan awal mula perkembangannya kanker payudara. Secara anatomi payudara akan mengalami penyusutan jaringan otot dengan bertambahnya umur. Kurang dari 25% kanker payudara terjadi pada masa sebelum menopous sehingga diperkirakan terjadinya kanker payudara jauh sebelum terjadinya perubahan klinis.
  • Penggunaan hormon. Hormon yang berhubungan dengan kanker ini yaitu hormon esterogen. Suatu metaanalisis menyatakan bahwa meskipun tidak terdapat resiko kanker pada pengguna pil KB, wanita yang menggunakan obat ini dalam jangka waktu yang lama mempunyai resiko tinggi untuk mengalami kanker payudara sebelum menopous.
  • Penyakit fibrokistik. Atau lebih dikenal dengan penyakit kista payudara. Suatu kejala yang biasanya ditandai dengan rasa nyeri dan benjolan di payudara.
  • Obesitas. Terdapat hubungan yang positif antara berat badan dan bentuk tubuh dengan kanker payudara pada wanita pasca menopous.
  • Konsumsi lemak.
  • Riwayat keluarga dan faktor genetik. Riwayat keluarga merupakan faktor yang penting pada riwayat penderita. Terdapat peningkatan resiko yang tinggi bagi wanita yang riwayat keluarganya pernah menderita penyakit kanker payudara.

 

Gejala apa saja yang bisa menandakan bahwa itu kanker payudara???

Tanda-tanda awal terjadinya kanker payudara biasanya terdapat benjolan pada payudara dan terasa sakit jika ditekan.
Dan berikut gejala awal yang harus Anda waspadai:
  • Terdapat benjolan pada payudara, dan membuat payudara mengalami perubahan bentuk.
  • Kulit payudara mengalami perubahan warna menjadi merah muda, coklat atau seperti kulit jeruk.
  • Puting susu masuk ke dalam payudara.
  • Rasa sakit hilang-timbul.
  • Kulit payudara terasa seperti terbakar.
  • Payudara mengeluarkan cairan, bisa berupa darah atau cairan lainnya.

Lantas bagaimana pengobatan untuk kanker payudara???

Ada beberapa cara dalam pengobatan kanker payudara. Diantaranya:
  • Dengan Mastektomi. Yaitu operasi pengangkatan kanker payudara.
  • Dengan Radiasi atau Penyinaran. Yaitu proses penyinaran pada bagian yang terkena kanker dengan sinar x dan gamma yang bertujuan membunuh sel kanker yang masih tersisa setelah operasi. Dan biasanya pengobatan ini mempunyai efek tubuh menjadi lemas, nafsu makan berkurang, warna kulit yang terkena sinar menjadi hitam serta hb dan leukosit cenderung menurun akibat dari radiasi.
  • Dengan Kemoterapi. Yaitu proses pemberian obat-obatan anti kanker yang bertujuan membunuh sel kanker. Akibat dari dari pengobatan ini yaiu pasien merasa mual dan muntah serta rambut rontok karena pengaruh obat-obatan yang diberikan.

Dan bagaimana dengan pencegahannya???

Untuk pencegahan disarankan untuk melakukan pemeriksaan payudara secara intens serta mammografi, sebab prosedur penyaringan merupakan cara yang efektif untuk mendiagnosa kanker payudara secara dini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: