Pilihan Terbaik Penyedia Cloud Hosting Di Indonesia

Penyedia Cloud Hosting Di Indonesia

Penyedia Cloud Hosting Di Indonesia — Apa Itu Cloud Hosting dan Keunggulannya?

Beberapa tahun belakangan ini kita sering mendengar istilah seperti ”cloud hosting”, ”cloud server”, atau ”cloud computing”, bagi yang awam tentu akan bertanya-tanya, “apa cloud hosting itu?” Apa perbedaanya dengan server-server pada umumnya (server konvensional)?” Yang pasti, teknologi mutakhir jelas memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan teknologi lawas seperti dedicated web hosting atau yang sejenisnya.

Sebelum membahas mengenai Penyedia Cloud Hosting Di Indonesia mari kita dalami dahulu apa itu sebenarnya CLOUD HOSTING.

Pilihan Terbaik Penyedia Cloud Hosting Di Indonesia

Pengertian hosting

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cloud hosting, terlebih dahulu kita harus mengetahui dasar-dasar dan berbagai istilah yang berkaitan dengan hosting. Yang pertama, kita harus mengetahui terlebih dahulu, “apa itu web hosting?”

Web hosting adalah sebuah server yang memungkinkan kita (individu atau organisasi) untuk memasukkan halaman web atau situs web ke internet sehingga setiap orang bisa mengakses website, halaman web, atau data melalui internet dari mana saja dan kapan pun.

Jadi bisa dikatakan bahwa “web host” atau “web hosting service provider” adalah sebuah wadah yang digunakan untuk menampung situs/data, sehingga bisa diakses dari manapun, oleh siapapun, dan kapanpun.

Sebuah hosting tidak hanya digunakan untuk menyimpan halaman website atau sebuah website, melainkan bisa juga digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data lain seperti:

  • File audio
  • Dokumen
  • Foto dan,
  • Video

Contoh paling sederhana dari bentuk hosting paling sering kita jumpai di antaranya adalah:

  • YouTube, sebagai hosting video.
  • Google Drive. Di mana kita bisa menyimpan video, file gambar atau foto, dokumen, spreadsheet, audio, dll.
  • OneDrive dari Microsoft, juga memiliki konsep yang sama dengan Google Drive.
  • Flickr. Merupakan salah satu hosting untuk menyimpan foto. Dan lain-lain.

Jenis-jenis web hosting

 

Dedicated web hosting atau dedicated server

Ini adalah hosting khusus yang memungkinkan Anda mengendalikan seluruh server walaupun statusnya adalah sewaan. Keunggulan dari dedicated hosting adalah: hosting jenis ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan performa yang lebih cepat, Anda menguasai sepenuhnya semua sumber daya server, dan tidak berbagi dengan orang lain.

Namun karena hosting ini spesial dan hanya digunakan oleh pemiliknya saja tanpa berbagi dengan orang lain, maka biaya yang harus ditanggung untuk operasional server biasanya jauh lebih mahal dibandingkan dengan jenis hosting yang lain seperti shared hosting atau cloud hosting.

Hosting jenis ini sangat cocok untuk sebuah situs web yang membutuhkan sumber daya sistem yang banyak atau jika membutuhkan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Collocative hosting

Jenis hosting yang satu ini memungkinkan Anda untuk membeli server sendiri dan memilikinya, sehingga, Anda akan bertanggung jawab secara penuh untuk server tersebut (milik Anda). Model server ini lebih private dibandingkan dengan dedicated hosting, sehingga Anda pun memiliki kontrol penuh dari web server tersebut. Pada server jenis ini, Anda bisa menginstal script atau aplikasi apapun yang Anda butuhkan sesuai dengan keinginan anda.

Shared hosting

Jenis hosting ini adalah yang paling populer dan paling banyak digunakan karena biayanya yang murah serta sangat cocok bagi pelanggan personal hingga korporat, dengan kata lain, sangat cocok untuk bisnis level kecil hingga menengah.

Biaya untuk server (shared hosting) umumnya berkisar antara Rp100.000-Rp200.000 untuk space sebesar 2 GB-7,5 GB dengan bandwidth yang tak terbatas (unlimited).

Sesuai dengan namanya (shared hosting), hosting jenis ini tidak kita kuasai sendiri melainkan kita akan berbagi resources dengan penyewa lainnya. Sebagian besar shared hosting digunakan oleh para pengguna blog terutama personal blog yang jumlah kunjungannya tidak terlalu ramai.

Namun jika pengunjung blog Anda mulai banyak, Anda tetap bisa meng-upgrade layanan ke yang lebih besar.

Karena berbagi dengan penggunaan lainnya, maka layanan (server) yang satu ini dianggap kurang aman. Belum lagi jika ada salah satu pengguna yang mengambil jatah resource dalam jumlah besar, sudah pasti bagian Anda akan berkurang banyak sehingga kecepatan akses akan jauh berkurang. Jadi, model server ini dianggap kurang stabil dan tidak ideal untuk website yang jumlah pengunjungnya banyak.

Cloud hosting dan VPS hosting

Apakah Anda membutuhkan sebuah server untuk mengelola website besar dengan traffic yang super sibuk? VPS (Virtual Private Server) web hosting atau cloud hosting jawabannya! Keduanya adalah yang paling cocok. Jika Anda merasa dedicated server terlalu mahal, maka VPS web hosting atau cloud hosting adalah pilihan terbaik untuk mengakomodasi website Anda yang sibuk.

Cloud hosting cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan shared hosting. Pada hosting ini, Anda tetap berbagi dengan pengguna lain. Namun, memiliki sejumlah kelebihan seperti:

  • Anda memiliki kontrol yang kurang lebih sama dengan saat menggunakan dedicated server.
  • Biayanya murah (lebih ekonomis).
  • Komputer server akan di partisi menjadi beberapa child server dengan pengaturan storage (space), bandwidth, hingga sistem operasi tersendiri (Khusus VPS).
  • Ketika salah satu server “down” karena rusak atau karena traffic yang padat, cloud hosting memungkinkan kita untuk berpindah ke server lain yang lebih kuat dan lebih besar tanpa mengalami gangguan kinerja.

Apa itu cloud hosting?

Cloud hosting merupakan bentuk terbaru dari hosting yang dalam beberapa tahun belakangan ini sangat populer dan semakin banyak digunakan. Bagaimana konsepnya? “Cloud hosting pada dasarnya beroperasi di berbagai server web yang saling berhubungan.” Sehingga Anda akan memiliki sumber daya yang dinamis sesuai dengan kebutuhan.

Jadi, apabila ketika traffic web rendah, Anda bisa menggunakan resource yang kecil, atau sebaliknya. Begitu juga jika suatu saat salah satu server mengalami kerusakan, maka, segera berbagai server yang saling berhubung (cloud) akan mem-backup, sehingga data/web yang Anda tempatkan di server tetap bisa diakses tanpa kendala.

Keunggulan cloud hosting

 

  • Anda hanya akan membayar berdasarkan jumlah yang Anda gunakan.
  • Anda bisa mengubah paket hosting berdasarkan kebutuhan.
  • Anda bisa memilih sistem operasi server sendiri, yaitu Linux atau Windows.
  • Kontrol konfigurasi server melalui API atau antarmuka berbasis web yang fleksibel.
  • Anda bisa menikmati manfaat dari dedicated hosting namun dengan biaya yang rendah.

Inti dari cloud hosting adalah, ini akan memungkinkan Anda untuk mengelola beban puncak dengan mudah tanpa menghadapi masalah bandwidth, karena server lain bisa menyediakan sumber daya tambahan. Oleh karena itu, website yang Anda letakkan di server tidak hanya mengandalkan satu server saja, melainkan sekelompok server yang bekerja sama, yang disebut sebagai “cloud server.”

Contoh cloud hosting

Jika Anda ingin mencari contoh yang paling mudah untuk memahami apa itu cloud hosting, Anda bisa melihat “Google.” Google adalah contoh paling real-time dari cloud hosting yang saat ini paling sering kita akses.

Mesin pencarian ini memiliki sumber daya yang tersebar di ratusan server (cloud), sehingga tidak heran apabila Google.com sama sekali tidak pernah mengalami downtime setidaknya dalam satu dekade terakhir ini walaupun diakses oleh berjuta-juta hingga miliaran orang.

Penyedia cloud server

Beberapa Penyedia Cloud Hosting Di Indonesia yang cukup terkenal antara lain:

  1. cloudkilat
  2. idcloudhost
  3. cloudindonesia
  4. cbncloud
  5. dewaweb, dan lain-lain.

Apakah semua cloud hosting powerful?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, setiap server pada cloud akan membantu dalam melaksanakan berbagai tugas. Dalam kasus tertentu, seperti apabila terjadi kerusakan pada salah satu server cloud, maka server yang lain akan mem-backup dan me-render sumber daya yang diperlukan. Hal yang sama akan terjadi apabila server kelebihan beban.

Namun perlu diingat, penggunaan server dengan hardware berkualitas rendah bisa menyebabkan kinerja menjadi tidak maksimal. Biasanya, kinerja yang tidak maksimal dari sebuah cloud server akan dirasakan oleh mereka yang menyewa cloud server murah.

Contoh paket cloud server

Penyedia server umumnya menyediakan beberapa pilihan paket cloud hosting yang bisa Anda pilih berdasarkan kebutuhan atau budget. Contohnya seperti yang ditawarkan oleh www.idcloudhost.com. berikut ini:

  1. Starter Pro: 1 Core CPU, 1 GB storage space, 512 MB virtual memory, unlimited bandwidth. (Rp15.000-Rp20.000 per bulan)
  2. Basic Pro: 1 Core CPU, 3 GB storage space, 1 GB virtual memory, unlimited bandwidth. (Rp30.000-Rp40.000 per bulan)
  3. Enterpreneur Pro: 2 Core CPU, 7 GB storage space, 2 GB virtual memory, unlimited bandwidth. (Rp50.000-Rp67.000 per bulan)
  4. Bisnis Pro: 3 Core CPU, 13 GB storage space, 2 GB virtual memory, unlimited bandwidth. (Rp85.000-Rp113.000 per bulan)
  5. Elite Pro: 4 Core CPU, 25 GB storage space, 3 GB virtual memory, unlimited bandwidth. (Rp170.000-Rp227.000 per bulan)
  6. Advanced Pro: 5 Core CPU, 35 GB storage space, 4 GB virtual memory, unlimited bandwidth. (Rp230.000-Rp307.000 per bulan).

Nah itu tadi beberapa penjelasan mengenai Cloud Hosting dan juga Penyedia Cloud Hosting Di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *